Senin, 03 Desember 2012

Festival Mata Air 5, Festival Kehidupan

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 06.25
Yay Yatta…. Akhirnya bisa nonton Festival Mata Air juga… Setelah yang ke 5 baru bisa nonton…
*terharu*
*dadah-dadah ala Miss Universe*
Padahal ya warga Salatiga, tapi…. Hohoho. Katanya pas hari Sabtu sih ada J-Flow, tapi gue nonton yang semalem, lumayan bisa liat Aman Perkusi, keren banget!!! Sebenernya masih banyak banget pengisi acara di Festival Mata Air ini, ada Kunokini, ada Sound Rebel, apa lagi ya??  Namanya aja gue nggak tau, ya pokoknya banyak lah yang ngisi acara kemaren. (ni gue yang katro apa gimana sih???)
Oiya, FYI, Festival Mata Air itu festival yang diadain tahunan sama komunitas TUK Salatiga sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Kalo menurut gue sih sebenernya Salatiga nggak kotor-kotor amat, bersih malah, tapi tetep aja namanya orang kan bisa lupa juga, bisa kadang khilaf bikin lingkungan jadi rusak, jadi Festival Mata Air ini mengingatkan dan menghimbau warga kota untuk selalu mengajaga dan mencintai lingkunngkan kota Salatiga biar tetep sesuai sama tagline kotanya, “Salatiga Kota Hatti Beriman”, “Sehat Indah Bersih dan Iman”. Horeeeeee…!!!!!!
*tepuk tangan*
FMA kali ini adalah yang kelima diadain di Salatiga. FMA yang pertama diadain tahun 2007 yang lalu di Kalitaman. Acara ini diadakan oleh komunitas TUK (Tanam untuk Kehidupan)  yang memang bergerak di bidang lingkungan. Lalu mulai saat itulah FMA diadaain tiap tahunnya. Dalam festival ini biasanya ada lomba foto bertemakan lingkungan di Salatiga, lomba melukis antar anak sekolah, ada pameran produk kreatif, ada stand LSM bidang lingkungan, dan pastinya ada panggung hiburan. Ada satu yang nggak pernah ketinggalan dalam festival ini yaitu tanam pohon. Sejak tahun 2007, warga udah melakukan penanaman sekitar  40.000 ribu jenis tamanan. 90 persen tanaman itu hidup dengan baik. Mulai dari cemara gunung, puspa, akasia dekoren, preh, bringin, dadap, kina,dan manisjangan. Seandainya aja ada pohon emas, gue pasti ikut nginves.
*ada lambang dolar di mata*
Kegiatan tanam pohon ini menjadi kontribusi untuk bisa myelamatkan lingkungan dan menjaga lingkungan agar tetap hijau. Dan juga biasanya diundang artis-artis Ibu Kota yang turut memeriahkan festival ini.
FMA 5 diadain di Terminal Bis Lama di Soka. Festival ini mengusung tema Revolusi Untuk Lingkungan. Kegiatan ini menjadi ajang kampanye TUK melalui aksi tanam pohon, penggunaan daur ulang sampah, konser musik dan kesenian budaya lokal dengan mengusung tema besar konservasi mata air dan revolusi lingkungan. Diadain disini bukannya tanpa alasan. Terminal Bis Lama ini udah hampir sepuluh tahun nggak digunain dan akhirnya dijadiin tempat pembuangan sampah illegal oleh warga sekitar. Banyak banget sampah yang numpuk di sini, udah kayak cucian seminggu. Makanya diadain FMA disitu biar tempat itu ada manfaatnya juga. Sempet ada wacana kalo tempat itu mau diberdayakan, tapi kenyataannya sampai sekarang masih aja terlantar dan nggak kepakai, malah akhirnya dipake buat tempat sampah sama warga sekitar. Semoga pihak yang dulu pernah membuat wacana itu baca blog gue da akhirnya teringat kalo beliau pernah membuat janji untuk memberdayakan tempat itu. Yah biasalah ya, kalo udah factor “u” emang susah. Makanya kalo mau putus, ntar kalo udah tua aja, biar cepet move on nya, kekeke (hiah bahas ini juga)
*dhezig*
Rangakaian acara FMA 5 ini uda dilaksanaik seminggu sebelum peuncak acara. Mulai dari taam pohon di Desa Tajuk, Getasan, lomba menggambar antar sekolah dan puncak acara pada hari Sabtu-Minggu tanggal 1-2 Desember 2012. Acara ini cukup mendapat sambutan baik dari warga salatiga. Beberapa penonton yang datang juga dari luar kota, bahkan luar negeri. Sempet ngeliat bule-bule pada sliweran di sana sini sih, cuma tu bule-bule kenapa bentuknya pada aneh begitu ya?? Tapi itu artinya acara itu mendapat sambutan yang baik dari berbagai kalangan. “Selamat selamat, kamu pantes dapet Pop Mie!!!”
*tiba-tiba ada Pop mie raksasa*
*muncul kertas warna-warni di udara*
* paitia makan Pop Mie semua*
Jadi itulah pemirsa sekilas soal Festival Mata Air, jadi buat temen-temen yang masih peduli sama lingkungan dan masih sayang sama bumi yang mulai menua ini, bisa nih FMA dijadiin salah satu agenda buat didatengi tiap tahunnya. Walaupun mungkin kita nggak bisa berkontribusi lebih buat lingkungan, tapi dengan dateng ke acara ini kita bisa mengingat betapa udah rusaknya lingkungan kita dan kita bisa memutuskan tindakan terbaik kita untuk menyelamatkan lingkungan. Jangan harapkan alam bersahabat dengan kita, tapi mari kita mulai membangun persahabatan yang baik dengan alam.
Yes! Save The Earth, Go Green!

Popo
Bersiap Nanem Pohon (emas)









0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea