Senin, 03 Desember 2012

Balada Sesuju Super Junior

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 09.10

Itu cowok-cowok ngapain sih sebenernya??? Nyanyi sambil joget-joget rame-rame gitu?? Mereka lagi ritual tarian pemanggil hujan ato gimana? Nggak cuma 3-4 orang, tapi 13 orang!!!!
13 orang!!!

*zoom in* *zoom out*

#musikhoror

Ngapain 13 orang joget rame-rame gerak-gerak kayak tomcate di satu panggung?? Nggak jebol apa tuh panggung??

Itu pertama kali gue liat Super Junior. Gue najis abis dulu liat SuJu. Uda cowoknya cantik-cantik, gayanya lebay abis, melambai ngalahin cewek, mukanya juga kadang maksa nggak sesuai sama keadaan, lagunya juga kayak lagu marching band, haisshhh, nggak ada  bagus-bagusnya pokoknya.

Awalnya lagi, semua orang pada ngeributin SuJu. Pada teriak-teriak Siwon Siwon, di twitter, di facebook, di angkot, di tukang gorengan, semua bahas Suju. Dalam hati gue, Suju ni apa sih? Siapa Siwon? Apa ada hubungannya sama tahu ato penyedap rasa? Apa? Gue nggak ngerti? Kalo korea gue cuma tahu Lee Young Jay sama Han ji Eun doang, gue nggak tau siapa Suju, kenapa mereka joget rame-rame, kenapa mereka bertiga belas? Gue nggak tau. Sampai akhirnya gue liat foto mereka, dan bertigabelas, dan gue masih nggak ngerti. Gue kira waktu itu, mereka adalah peserta take me out. Apa urusannya sama gue???          

Gue punya video mereka, dan gue sesekali nonton video mereka, masih aja gue tetep heran, kenapa ada grup dengan anggota sebanyak itu? Apa dulu mereka sekelas trus mereka pengangguran dan akhirnya ngebentuk grup vocal abal-abal yang kemudian ada produser khilaf ayang akhirnya mengorbitkan mereka? Dan karena mereka (sangat) tampan, mereka bisa mengambil hati tiap gadis yang ada di muka bumi ini? Mereka itu orang korea, jelas aja mereka ganteng dan penuh pesona, coba mereka adalah orang Kongo, apa iya mereka jadi seterkenal sekarang???

Tapi pada akhirnya, gatau kenapa kok gue jadi suka ya? Apa ini karma karena gue sangat membenci mereka dan akhirnya gue jadi suka sama mereka? Gue gatau kapan tepatnya, tapi yang pasti sejak saat itu gue jatuh cinta sama Suju. Gue suka karena apa yang gue pikir tentang mereka itu salah. Mereka emang (nggak) modal tampang doang sih, mereka bener-bener berbakat. Gue pernah nyoba, nyanyi sambil joget-joget kayak tomcate gitu, dan gue jamin kalo kalian nggak berbakat, abis selesai satu lagu pasti bakalan pingsan. Nyanyi sambil joget itu nggak gampang men. Harus ada teknik dan latihan yang lama. Nanyi aja uda ngabisin tenaga, apalagi sambil joget-joget jingkrak-jingkrak gitu. Kebayang kan gimana capeknya??? Apalagi buat orang dengan kualitas suara yang jauh dibawah standar fatwa dunia permusikan, nyanyi sambil joget akan jadi neraka buat gue.

*cek suara*
Doooo….
*bumi gonjang ganjing*
*gue koma dua minggu*

Gue ssemakin suka sama Suju sejak gue ikut cover dance competition di kampus gue. Pas waktu itu gue sama temen-temen cover Mr. Simple nya Suju, mulai saat itulah gue download semua videonya Suju, foto-fotonya, dan baca-baca infonya Suju. Semua orang taulah ya siapa Suju, bahkan anak kecil aja tau. Gue pernah nanya sama sepupu gue, waktu itu dia masih kelas 2 SD, dan dia alay, gue Tanya sama dia,

“dek, kamu tau Suju nggak?”
“yang dari sapi itu ya kak?” *polos*
“bukan dek bukan! Itu susu!!”
 *ambil tali*
*siap-siap gantung diri*
“itu lho dek yang dari penyanyi banyak orang itu lho”
“oh itu, yang abang-abang yang nyanyinya sorry sorry nekek nekek itu ya kak?”
*ambil nari sorry sorry*
“nah itu dek, kok kamu tau?”
“iyalah kak, aku kan gahul abis”
*dan dia pergi sambil tetep nari sorry sorry*
Gue bengong
*mati*
Tuh kan, anak kecil aja tau.

Nih ya buat kalian yang sampe sekarang masih penasaran sama si Suju ini, gue bagi deh infonya, gue wawancara langsung leadernya lho, itu si Leeteuk, kita wawancara via Skype, soalnya dia ge wamil dan waktunya terbatas.
Here the result…

Kata Leeteuk, Super Junior (Suju atau SJ) adalah boyband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment sejak tahun 2005. Super Junior awalnya memiliki 13 personil, yaitu dia sendiri Leeteuk (Park Jung Soo), Han Geng, Heechul (Kim Heechul), Yesung (Kim Jung Woon),  Kangin(Kim Young Woon), Shindong (Shin Dong Hee), Sungmin (Lee Sung Min),  Eunhyuk (Lee Hyuk Jae), Donghae (Lee Donghae), Siwon (Choi Siwon), Ryeowook (Kim Ryeo Wook), Kibum (Kim Kibum), dan Kyuhyun (Cho Kyu Hyun).

Namun dalam perjalanan karirnya, saat ini Suju cuma nyisain 9 personil aktif. Yang lainnya lagi pada nyari kitab suci ke barat (jadi sebenernya Biksu Tong itu anggotanya Suju toh?).
*plak*
*ditampar elf*

Nggak deng, Yang sebenernya itu Han Geng resmi mengundurkan diri setelah memiliki kasus dengan SM Entertainment, kalo Kibum lebih aktif di bidang akting. Dia sendiri (Leeteuk) dan Heechul saat ini tengah menempuh wajib militer. Inget ya, ini wawancara sama Leeteuk lho.

Soal masa training yang dialami setiap personil Suju beda satu sama lain. Beda karena mereka dilahirkan dari audisi yang beda pula, jadi mereka semua ini bukan sodara kandung, moga aja mereka bukan anak yang tertukar ya. (jadi inget sinetron fenomenal *sensor*). Mayoritas personil ditemukan melalui audisi SM. Saat itu SM lagi jalan-jalan ke toko barang antik, di bagian guci-guci nemu deh anggota Suju ini. Ternyata waktu itu mereka lagi maen petak umpet. Hanya Kyuhyun yang masuk paling akhir dan tidak menjalani masa training. Ketinggalan kereta soalnya dia, jadi ya datengnya paling akhir pake kereta berikutnya.

Suju debut tahun 2005, kalo gue debut-debutan di jalan, itu ngebut woy, oh udah ganti to? Ya maap. Fokus fokus,  Mereka merilis album "SuperJunior05" (2005). Pertamanya sih boyband ini juga dikasih nama SuperJunior05, sama kayak album pertamanya. Tapi sejak masuknya anggota baru di tahun 2006, Kyuhyun, SuperJunior05 syukuran bubur merah putih dan ganti nama jadi Super Junior. Sampe sekarang ini.

Setelah Kyuhyun gabung dan jadi Megazord, (ini boyband apa Power Rangers sih??) Suju merilis single berjudul "U" (2006). Single "U" bikin masyarakat di seluruh dunia tersepona dan akhirnya lahirlah sebuah fansclub yang namanya ELF (Everlasting Friends).

Tahun 2007, sempet ada kecelakaan yang menggemparkan para penggemar Suju, mobil yang ditumpangi Leeteuk, Eunhyuk, Kangin, sama Kyuhyun terguling di jalan. Ada-ada aja sih, pasti dia liat Sule trus bilang wow sambil koprol, makanya guling-guling di jalan. Maap bercandan doang. Korban terparah Kyuhyun yang sampai sekitar 3 bulan tinggal di rumah sakit. Tetapi beberapa saat kemudian seua membaik dan kembali seperti biasa. Pas cerita ini Leeteuk nangis lho. *pukpuk*

Sampai saat ini Suju sudah merilis enam album studio, yaitu "SuperJunior05" (2005), "Don't Don" (2007), "Sorry Sorry" (2009), "Bonamana" (2010), "Mr. Simple" (2011), dan Sexy, Free, and Single (2012). Nah, gara-gara keenam album tersebut, banyak nyamuk di rumahku, eh buka deng, maksudnya Suju dinyatakan sebagai boyband yang memiliki nama terbesar di Asia dan sudah kenyang menyabet berbagai penghargaan, baik di Korea maupun Asia. Dan berita terbaru, mereka memenangkan tiga kategori di MAMA 2012, Best Global Group, Album of the Year ama Line Award.

Selamat, selamat
*kembang api muncrat-muncrat di udara*
*semua anggota Suju berpelukan*
#backsound: We Are the Champion

Suju memiliki beberapa sub-grup yang juga eksis di jagad musik Korea, nggak puas apa ya satu grup uda banyak gitu, masih aja buka cabang, uda semacam bisnis waralaba aja. Tapi nggak papa lah, nggak eksis nggak asik. Sub-grup itu ada Super Junior-T, Super Junior K.R.Y dan Super Junior-M (Super Junior-M). Super Junior-T dibentuk tahun 2008 dan punya enam personil yang merupakan personil tertua Suju. Fyi, anggota Suju emang udah pada lanjut usia.
*bagiin tongkat*

Super Junior K.R.Y, yang beranggotakan Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung, adalah sub-grup yang dibentuk berdasarkan karakter vokal terkuat di tubuh Suju. Mereka kenalan sama publik tahun 2006. Sedangkan Super Junior-M dibentuk buat mamanuhi tuntutan pasar musik Cina dan terdiri dari personil gabungan dari Korea (Kyuhyun, Siwon, Donghae, Eunhyuk, Sungmin, Ryeowook) dan Cina (Henry Lau dan Zhou Mi). Super Junior-M kenalan ke media pada 2008. 

Di industri hiburan Korea Selatan, Suju dikenal sebagai rajanya variety show dan iklan. Berbagai macam judul reality show yang pernah mengundang Suju untuk tampil di acara mereka. Masing-masing personilnya juga aktif membintangi serial dan film. Belum lagi puluhan iklan yang mereka bintangi, mulai dari parfum, elektronik, makanan, minuman, kosmetik, fashion hingga otomotif. Walah, kagak ada puas-puasnya, diborong aja semuanya.
*ngelirik rekening mereka*

Sepanjang karirnya, Suju telah menggelar tur konser populer mereka, "Super Show". "Super Show 1" atau "The 1st ASIA TOUR, Super Show" digelar tahun 2008-2009, setelah itu dilanjutkan dengan menggelar "Super Show 2" (2009-2010), "Super Show 3" (2010-2011), serta "The WORLD TOUR, Super Show 4" (2011-2012) yang barusan aja kemaren menghebohkan Jakarta dengan konser 3 harinya.

Tuh kan, kurang apa coba? Ganteng iya, bisa nyanyi iya, bisa nari iya, bintang iklan iya, bintang film iya, bintang reality show iya, bintang kecil di langit yang biru, bukaaann. Wajar aja penggemarnya di seluruh dunia, bahkan ada yang fanatik banget. Kalo gue sih suka yang biasa-biasa aja, ya suka aja. Suka mereka yang masih muda tapi karyanya udah kemana-mana, yang bener-bener bisa menjadikan potensi sebagai hal yang positif.

Gue emang pernah salah nilai mereka dari luarnya aja, dan sekarang gue jadi heboh kalo soal Suju. Tapi gue sendiri bukan ELF seperti para penggemar Suju lainnya, gue hanya suka sama mereka dan ya suka aja. Nggak sampe yang segitunya juga. Gue paling suka sama Kyuhyun, mengingatkan sama seseorang di sana, di suatu tempat, di suatu rumah sakit. Ya mau apapun itu, selera orang beda-beda, kita harus saling menghargai privasi tiap orang. Kenapa jadi nggak nyambung gini ya?? Hhhee..

Oke semoga tulisan ini bermanfaat, sampe jumpa di tulisan-tulisan berikutnya. Nih yang lum tau muka-muka personilnya Suju, gue kasih liat fotonya.

*lempar poster Suju*
Super Junior Sorry Sorry

tuh kanbanyak bener aggotanya, maen bola juga sisa tuh.. hohoh

okesip, see you on the next tulisan ya... 

popo

*ngedance Mr. Simple*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea