Sabtu, 31 Maret 2012

Si Apem, Di Antara Jajanan Pasar..

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 19.47

Kisah cinta gue yang paling everlasting adalah pas gue masuk esempe, saat itu gue masih jadi cowok (beneran, gue dulu lebih bisa jadi cowok daripada cewek, sebagai seorang cewek dulu gue pernah gagal). Gue nggak terlalu peduli sama cowok-cowok di sekolah. Lagian waktu itu gue masih ngerasa gue adalah anak esde dan yang lebih penting gue belum bisa ngelupain si Klepon. Gue masih lugu banget, masi bahagia banget naik level jadi anak esempe. Masih pasang tampang bahagia kemana-mana, masih kaget sama jumlah murid yang banyak banget. Bisa inget tiga-empat nama aja uda syukur banget, tapi gue uda nyerah kalo disuruh nginget muka. Set dah, banyak banget gitu, pagi ketemu siang juga uda lupa kali. Gue cuma temenan sama beberapa cewek dan itupun masih temen-temen esde.

Setahun berlalu dan gue menjalani masa-masa esempe gue dengan penuh suka cita. Sampai pada akhirnya di penghujung kelas satu gue nonton lomba antar kelas. Pas itu masa-masa abis tes akhir semester dan sekolah ngadain lomba olahraga antar kelas. Gue sama temen gue nonton sepak bola kelas gue lawan kelas 1c kalo nggak salah, saat itulah keajaiban itu datang, Tuhan bener-bener menunjukkan keagunganNya, gue ngeliat makhluk Tuhan paling kece (jaman dulu bahasa kece tuh ngetren abis..), dia lagi nendang bola, lari-lari sambil treak-treak minta bantuan temen-temennya karena dia udah terkepung (gue jadi ngebayagin kalo dia itu adalah prajurit yang sedang ditugaskan melindungi mahkota raja dan dia diserbu sekawanan babi ngepet, dan dia lupa bawa lilin..). saat itu dia ngoper bola ke temennya dan berhenti lari, lalu ngeliat ke arah penonton dan mulai saat itu gue udah bisa ngelupain si Klepon..

Selayaknya orang yang lagi jatuh cinta, gue berusaha mencari tahu segala hal tentang cowok prajurit itu, tapi karena abis itu liburan gue sempet kelupaan soal cowok prajurit itu. Setelah liburan, gue kelas dua, gue ngelanjutin pencarian soal segala-hal-tentang-dia. Sampai pada akhirnya gue tau namanya adalah Apem.

Si Apem ini bagi gue adalah sosok yang sempurna sebagai seorang lelaki remaja. Dan gue jaman dahulu adalah penggemar berat sinetron dan setiap sinetron selalu menampakkan cowok-cowok keren di sekolah yang jatuh cinta sama cewek cupu di sekolah, trus mereka jadian. Dan dengan segala keimutan yang gue miliki, gue membawa hal itu ke dunia nyata. Dan si Apem adalah cowok keren itu, dia ternyata jago maen basket, jago maen gitar, jago matematika, dan jago ngabisin soto dalam waktu satu menit. Dan gue makin interested sama dia gara-gara dia mirip sama Mike Shinoda, dan Linkin Park adalah cinta mati gue. Entah emang mirip, entah imaginasi gue aja, tapi dia emang mirip ama personil band sepanjang masa itu. Tapi sama kayak pas gue naksir si Klepon, sama si Apem ini gue juga cuma bisa jatuh cinta diam-diam dan sama seperti yang dilakukan sama kebanyakan orang yang jatuh cinta diam-diam, gua juga jatuh cinta sendirian. Selama hampir dua tahun, gue cuma bisa ngeliat dia dari jauh, gue nggak pernah kenal sama dia, dan pas itu, pikiran gue masih otak ababil, gue sering mikir Tuhan itu nggak adil banget sama gue, masa semua temen-temen gue kenal sama dia, tapi kenapa gue nggak kenal sama dia. Kayak gitu tuh rasanya kayak udah makan semua makanan di meja makan, tapi nggak kebagian menu utamanya, nusuk. Gue sering banget merhatiin dia, pas dia jalan, pas dia maen basket, pas dia ngeband gue pasti ada dibarisan paling depan biar bisa ngeliat dia maen gitar, pas dia jajan dikantin, pas dia makan soto, pas dia ngobrol ama temennya, bahkan pas dia dianter sama bokapnya dia. Gue sampe apal ama muka bapaknya dia, bapaknya suka pake kacamata item bulet persis kayak yang dipake ama boboho (gue penasaran, jangan-jangan bapaknya si Apem ini ngefans ama bboboho..)

Setiap hari menjadi hari yang menyenangkan saat esempe, kesedihan karena kepergian ayah gue pun sedikit terobati dengan hadirnya temen-temen, kejadian-kejadian seru di sekolah, dan si Apem.

Selama sisa masa esempe gue, gue tetep naksir sama  si Apem ini. Gue selalu mencari dia diantara kerumunan anak-anak yang berebut soto di kantin, gue mencari dia saat upacara bendera hari senin, gue selalu mencari dia pas bel pulang sekolah, gue selalu mencari dia pas kelas dia olahraga, gue selalu mencari dia pas ada ekskul pramuka, dan gue selalu mencari dia ditumpukan jajan pasar. Gue selalu mikirin dia, gebayangin dia dan ngengenin dia. Dan kalo misal semua hal itu digaji, udah pasti gue jadi orang terkaya di seluruh penjuru Salatiga. Waktu itu gue emang nggak tau apa maksud dari semua itu. Gue mikirin orang yang gue suka, ngebayangin gue maen basket ama dia, nulis-nulis nama dia di buku diary gue, dan ngeliatin dia di toko penjual jajan pasar. Gue Cuma ngelakuin hal itu, gue suka, dan gue bahagia karena itu. Gue ngelakuin semua hal itu dan mengakhiri kisah cinta masa esempe gue dengan kenalan sama dia.

Gue nggak tau gimana awalnya gue bisa ngobrol ama dia. Gue waktu itu cuma lagi bingung ngurusin buku paket yang musti gue kembaliin ke perpus sekolah gue dan tiba-tiba kesempatan itu dateng. Tuhan emang Maha Pengatur dan hanya Dia yang tahu cara mengatur sesuatu dengan sangat baik. Kita ada di satu meja yang sama, sama-sama pusing mikirin buku yang bentuknya uda nggak bisa lagi dibedain sama pembungkus kacang rebus, tanpa sampul, dan beberapa halaman yang hilang. Gue juga heran, pas dulu make buku ini, gue apa jurus apa ya? Kenapa bisa rusak kayak gitu?? Buku dia sama sekali nggak bersampul, dan entah apa yang membuat gue bilang,

“kok bukunya nggak bersampul semua?”

Dan semesta tak bisa menahan kehendakNya, si Apem jawab,

“iya nih, mau bantuin nyampulin nggak?”

Dan hari itu, menjadi hari yang begitu indah buat gue. Dua tahun lebih gue hanya bisa mengagumi dia dan sekarang gue bisa ngobrol sama dia. Ngobrol. Bahkan gue nggak pernah ngebayangin bisa ngobrol selama itu sama dia, dan hari itu gue mendapatkan apa yang selama dua tahun ini gue tunggu. Nggak ada yang bisa membuat hal itu jadi lebih baik. Setelah itu, dia janji bakal bawa semua bukunya dan gue janji bakal bantuin dia nyampulin buku-buku dia. Kalian pasti tau perasaan gue saat itu, gue yakin banget kalian tau.

Keesokan harinya, gue dateng telat, dan seharusnya gue nggak ngelakuin hal itu. Itu artinya waktu gue sama dia terpotong gara-gara keterlambatan gue. Dia uda hampir setengah jalan nyampulin bukunya. Gue langsung bantuin dia nyampulin buku dan ngobrol soal beberapa hal. Kalian pasti ngerti banget perasaan gue saat itu, gue bener-bener menjadi cewek-cewek di sinetron yang selalu gue tonton, yang mana si cewek akhirnya bisa kenal si cowok dan mereka akhirnya saling ngobrol dan entah bagaimana caranya mereka pada akhirnya jatuh cinta. Gue tau, pikiran andai-ini-adalah-sinetron memenuhi otak gue dan harapan semoga-hari-ini-nggak-pernah-berakhir terus menjadi doa gue sepanjang hari itu. Gue bertanya-tanya apa yang ada dalam pikiran dia, dia nyampulin buku dengan sangat tenang, entah apa yang dipikirin sama dia. Jangan-jangan dia mikir, kenapa gue minta tolong sama ni cewek ya? Kenapa nggak gue sampul aja sendiri? Ato kenapa nggak minta tolong petugas perpus aja ya? Entah, gue juga nggak pernah tau soal itu. Kita cuma ngobrol hal-hal nggak penting. Itu cukup banget buat gue, karena gue nggak berharap lebih dari ini. Ini udah jadi lebih dari yang gue harapkan. Gue nyampulin buku bahasa inggris dia, mungkin hal itu menjadi salah satu alasan kenapa gue jadi suka bahasa inggris (sepertinya agak terlalu dipaksakan, tapi biarlah).

Dan hari itu menjadi hal terakhir yang bisa gue lakuin bareng dia, karena stelah itu kita dipertemukan kembali di upacara kelulusan sekolah gue, dan nggak ada yang bisa gue lakuin tentang hal itu. Dia lulus dengan nilai matematika sempurna dan gue lulus dengan nilai matematika satu angka diatas standar kelulusan.  Upacara kelulusan hari itu menjadi hal yang membahagiakan buat gue, selain gue bisa lulus (karena jujur aja, kenaikan kelas tiga menjadi kenaikan bersyarat buat gue, gara-gara nilai-nilai gue yang anjlok kayak listrik yang keberatan beban) dan juga ibu gue bisa dateng ke acara upacara kelulusan gue. Satu hal yang ngeganggu addalah karena gue bakal berpisah dari si Apem. Udah pasti si Apem bakalan masuk ke SMA yang butuh nilai tinggi untuk bisa masuk kesana, sedangkan gue uda bisa lulus aja uda sujud syukur, dan pasti cuma bisa masuk ke sekolah kelas dua. Gue pernah ngebayangin, gue bakalan masuk ke sekolah yang sama bareng si Apem dan gue akan lebih menberanikan diri buat ngedeketin dia dan siapa tau dengan ijin semesta gue bisa jadian sama dia. Tapi ini bukan sinetron, gue nggak bakal bisa dengan kebetulan satu sekolah sama dia dan menjalin kisah kasih yang indah bareng dia. 

Pada akhirnya gue hanya bisa nerima kalo gue dan dia emang harus berpisah. Sekali lagi kisah gue dan si Apem berakhir.. setiap orang punya cerita tentang seseorang, setiap orang punya kisah mereka masing-masing, gue pun juga, ini kisah gue, dan gue berhak untuk itu.. si Apem adalah kisah gue, ini bukan kebetulan, karena nggak ada yang kebetulan di dunia, ini hanya sebuah kisah hidup gue, yang emang seharusnya begitu...

popo, 
*ngelamunin si Apem*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea