Kamis, 26 April 2012

Belajar dari Rani, Ini Soal Hati..

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 21.04


Bagaimana bisa seseorang mencintai sampai-sampai dia mau berkorban demi kebahagiaan orang yang dia cintai, bahkan kebahagiaan itu bukan kebahagiaan yang dia inginkan, karena kebahagiaan itu bukan bersama dirinya.

Tadi sore seorang temen gue bercerita, dan gue nggak pernah nyangka seseorang yang deket dengan kehidupan gue mengalami hal yang mungkin cuma bisa gue tonton dalam sinetron-sinetron lebay. Jadi temen gue itu, sebut saja Rani, sahabatan sama cewek namanya Jelita. Mereka udah sahabatan lama. Kayak Bona sama Rong-Rong gitu deh. Suatu hari mereka mengenal seorang cowok, sebut aja namanya Bambang. Bambang ini singkat cerita pacaran sama si Jelita, dan si Rani ini ternyata suka sama si Bambang. Tapi si Rani nggak pernah bilang kalo dia suka sama si Bambang, dia mendem semuanya sendirian dan tetap menjadi seorang sahabat yang baik untuk Jelita dan Bambang.

Pada suatu, hubungan Bambang dan Jelita bermasalah, gue nggak terlalu ngerti masalah mereka apa, tapi pada akhirnya nama si Rani dibawa-bawa. Mereka membawa nama Rani keliling komplek, mereka dan teriak-teriak di depan rumah pak RT, lahh, dan meminta hak Rani dikembalikan… Ini kenapa malah demo Rani? Apa salah Rani? Dia kan masih dalam masa pertumbuhan.. Kasian Rani… Ini kenapa jadi nggak focus gini?

Kembali ke sketsa, jadi intinya si Jelita menuntut si Bambang dan mengharuskan Bambang melakukan sesuatu dengan Rani dan sesuatu itu bener-bener di luar nalar orang normal. Bambang menyampaikan hal ini kepada Rani. Bambang dan Rani bimbang, mereka pun akhirnya galau, dan bershower bersama,, (dengan kamar mandi yang berbeda).. usai bershower, merekapun mencari jalan keluar, sebenernya Rani nggak perlu melakukan hal di luar nalar itu, tapi demi kebahagiaan si Bambang dan Jelita yang udah dia anggap sebagai sahabat bagai kepompong, Rani rela melakukan hal di luar nalar itu. Rani bener-bener ngelakuin hal itu, tulus dan tanpa paksaan, semata-mata demi kebahagiaan Bambang, si Rani bilang, asal Bambang bahagia, walaupun nggak sama dia , dia rela. Dan Rani juga bilang, perasaan dia ke Bambang nggak akan hilang, dia nggak akan pernah mengurangi porsi cintanya ke Bambang, dia yakin kalau itu adalah sesuatu yang baik, maka dia akan memasukkannya ke dalam kotak dan menjadikan perasaannya terhadap Bambang adalah harta karun terindah…

Saat denger cerita itu gue speechless. Gue bener-bener nggak nyangka ada seseorang yang dengan tulus mencintai orang lain. Lalu gue melihat diri gue sendiri, gue ambil cermin gede seluruh tubuh, lalu gue ngeliat diri gue, cukup cantik dan unyu, nggak kalah ama Dakota Fanning.

*telen sendok*

Bukan ngeliat gini yang gue maksud, gue ngeliat semua yang gue alami. Gue putus ama seorang cowok aja nangisnya uda yang kayak besok itu kiamat dan gue belum ke universal studio. Nangisnya udah bikin bantal bisa diperes, berhari-hari galau, gadoyan makan, sampe badan ama ikan teri juga kagak ada bedanya. Padahal di luar sana masih banyak yang nasibnya lebih ngenes dari gue. Ya mungkin sikap gue emang wajar, siapa yang nggak sedih kalo harus berpisah sama orang yang kita sayang banget. Setiap orang pasti akan melakukan hal sama kalo berpisah sama seseorang yang mereka sayangi, kehilangan..

Dari cerita temen gue tadi, gue sadar, sebenernya gue nggak berhak nuntut apapun. Si Rani aja yang udah ngelakuin hal sebesar itu dan nggak dapet apa-apa, istilahnya rugi besarlah, tetep masih bisa tersenyum dan nggak nuntut apa-apa selain Bambang bahagia bareng si Jelita. Sedangkan gue? Gue aja nggak ngelakuin apa-apa, gue yang malah menyumpah serapahi dia, nganggep dia jahat, dan nggak bisa memaafkan semua perlakuan dia, tapi gue nuntut banyak hal, yang pengen dia nemuin guelah, yang pengen dia ada buat guelah, dan yang paling besar, pengen dia balikan sama gue… Gue selama ini cuma diem dan nggak ngelakuin apa-apa, tapi berharap balikan. Selama ini gue galau tiap malam, ngebayangin dia, berharap sama dia, tapi semua itu nggak ada apa-apanay dibandingkan Rani, karena gue ngga pernah memperjuangkan perasaan gue, gue nggak pernah berkorban… lalu apa yang bisa gue harepin..???

Masalah hati emang susah, banyak rahasia yang tersimpan. Siapa yang nyangka, yang udah pacaran lima tahun akhirnya kandas, yang baru ketemu bisa langsung jadian, yang sahabatan bisa saling suka, yang cintanya bertepuk sebelah tangan, yang udah naksir tapi cuma dianggap adek, yang udah pedekate tiga bulan tapi nggak ditembak-tembak, dan yang jatuh cinta diam-diam, semua memiliki luka masing-masing dan perjuangan masing-masing…

Cerita Rani menyadarkan gue, untuk hal apapun, termasuk perasaan, kita harus mau berjuang dan berkorban. Semua hal itu nggak ada yang instan, mie aja butuh proses yang lama di pabrik biar bisa disebut mie instant. Perasaan ama skripsi itu nggak ada bedanya, sama-sama harus diperjuangkan…. #bedatipis

*menunduk*

*kenapa skripsi ikut campur*

#jleb

#nyesektiba-tiba

Rani hanyalah sebuah contoh kecil dari sekian banyak kisah tentang hati. Masih banyak diluaran sana yang lebih berat perjuangannya dari seorang Rani. Buat kalian yang masih banyak menuntut dari pasangan dan calon pasangan kalian, pikirkanlah baik-baik, cari tempat yang tepat, waktu yang tepat untuk berpikir, jawaban soal UN aja butuh pemikiran yang baik, apalagi perasaan.. Sekali lagi, kalo udah masalah hati, nggak akan mudah, jadi bagaimana kita bisa mengambil keputusan terbaik dan memperjuangkannya dengan sekuat tenaga, semua orang ingin bahagia bukan?  Termasuk gue, kalian, dan orang-orang disekitar kalian, karena kebahagiaan adalah hak setiap umat..

Semoga tulisan ini bermanfaat, bukan bermaksud ngajarin, cuma mengajak untuk mencoba berpikir dewasa, gue juga nggak tau harus gimanan baiknya, karena kita memang sedang dalam proses menuju kedewasaan kan? 

Gue popo,

*mencoba berjuang*

*mencoba bahagia*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea