Jumat, 04 Januari 2013

PEKALONGAN: Discover the Batik City

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 18.43

Rasanya nulis dengan keadaan badan remuk redam tuh kayak nulis dalam keadaan meriang. Jelas aja badan meriang panas adem gini, seharian diguyur ujan. Diguyur hujannya di Pekalongan pula. Yup, liburan akhir tahun ini gue liburan ke Pekalongan, ke tempat zidnil. Awalnya bingung juga sih mo ikut apa nggak, biasanya kalo ragu gini, pasti bakalan riweuh, tapi ya akhirnya gue memutuskan untuk ikut. Ya itung-itung refreshing lah, tahun baruan di kota orang kan nggak tiap hari.
Yak, akhirnya hari Sabtu tanggal 29, gue, Zidnil sama Nay berangkat ke Pekalongan. Gue udah ngebayangin gue mo ngapain aja di sana. Kudu keliling-keliling nih, masa udah jauh-jauh mpe sana cuma di rumah? Gue udah ngebayangin pantai, kota penuh batik, gue udah ngebayangin pengen liat cara bikin batik,  gue pengen megang canting, uwaaaaaa..... jalan-jalan keliling kota, foto-foto, wah pokoknya banyak deh. Hhaaa, gue ngebayangin gue bakal jadi turis yang keren. Kita berangkat naek kereta. Ini agak aneh, soalnya gue naek kereta yang duduknya hadap-hadapan gitu. Oke, reaksi gue kayakbnya terlalu berlebihan deh. Tapi suer, rasanya emang aneh dengan posisi duduk yang kayak gitu. Semacam di angkot gitu, Cuma sensasinya beda aja. Udah liat di tivi sih, cuma kalo ngerasain sendiri, ternyata rada aneh. Oke, ini sih nggak berlebihan deh, udah kayak orang katro malah. Maklumlah, gue kan bukan kereta apiholic.
Sampai di Pekalongan hujan, kita naek bus beberapa kali dan kayaknya ni dikerjain deh, dari tadi jalan mulu. Oke, singkat cerita, setelah beberapa saat sakaw gara-gara dangdut di dalam bus, sampailah pada saat yang berbahagia, saat menemukan kasur. Gak deng, akhirnya nyampe rumah Zidnil, trus layaknya tamu pada umumnya kita ramah-tamah sejenak trus kita udah dikasi makan aja. Tapi ya emang udah laper sih gue. Oke, kita makan siang merangkap makan pagi.
Hari pertama disana, yang gue lakukan adalah tidur. Entah kenapa dengan suara las dimana-mana, gue bisa tidur nyenyak banget. Maklum semlaman gue nggak bisa tidur gara-gara excited banget mo ke Pekalongan, halah lebay. Malemnya ke alun-alun Pekalongan, ketemuan sama Afiq, sambil makan jagung sambil dangak-dangak ngliatin pohon palem yang gue kira adalah pohon kelapa. Jadi sepanjang makan jagung, gue parno kalo bakalan kejatuhan kelapa. Penting nggak sih?
di alun-alun Pekalongan

hah, siapa lelaki itu??

Hari kedua gue ke pantai. Yeeyyyy…. Ini yang udah gue tunggu-tunggu. Niatnya sih kita mo liat sunrise di pantai, gue udah niat banget, pasang alarm jam setengah 4 pagi, udah semangat banget pokoknya, udah siap mental nyemplung, (sumpah ya, ni gue lebay abis, mendekati alay). Tapi karena satu dan lain hal yang yah gatau gimana jelasinnya, kita nyampai pantai barengan samapa matahari yang udah naek beberapa tangga ke langit. Aaaahhhhh, penonton kecewa. Agak kecewa juga sih, gue kan pengen banget liat sunrise di pantai, di Salatiga kan gak bakalan nemuin sunrise di pantai. Tapi okelah, karena mataharinya udah tinggi, dan nggak bisa disuruh turun lagi, akhirnya kita nyebur aja ke laut. Sek sek sek bentar, air laut kan asin ya? (jiaaah, nenek-nenek koprol juga tau kali kalo air laut itu asin, please deh!). jadi gue tiba-tiba nggak seexcited pertama kali, trus gue langsung ngebyagin setelah gue masuk laut gue bakalan jadi asinan Popo, kan gak lucu. Tapi setelah gue piker-pikir lagi (haisssh, rempong amat sh gue?), uda nyampe laut ngapain kalo nggak nyemplung??
hah, gue dapet anak Neptunus!!!!

istana pasir yang tak pernah tebangun...

entah kenapa di foto ini gue ngerasa kita kayak sedang menyambut Nyi Roro Kidul...

Pantai Pasir Kencana, yang awalnya gue pikir namanya Pantai Pasir Kesana, lumayan juga. Aernya nggak jerinih sih, tapi buat makhluk gunung sejenis gue, udah bisa liat laut itu sesuatu banget rasanya. Maklumlah, di gunung kagak ada laut. Jadi sekalinya liat laut ya heboh banget. (sekali lagi, lebay!). masuk pantai ini kagak bayar (sengaja nyari yang gretong) trus rame banget, rame pengunjung, rame penjual, rame tukang parker, rame tempat bilas, rame deh pokoknya. Gue cebur-ceburan disana, maen aer sama I am, sama nay, sama zidnil, seru banget. Kalo rumah gue ni di sini, bakalan tiap hari gue kesini. Yaiyalah, mo kemana lagi?? Gue selalu suka laut, gue suka pantainya, gue suka anginnya, gue suka ngeliat garis cakrawala di batas laut. Gue selalu pengen bisa nyampe ke garis itu.
Abisan dari laut, pulang, gue tidur lagi. Ngebayar utang tadi udah bangun pagi banget. Nggak bisa banget sih bangun pagi dikit aja. Sebenernya gue kagak pengen tidur sih, percuma juga udah jauh-jauh ke sini kalo Cuma buat tidur. Tapi ngeliat semua orang tidur, dan gue orang asing disini, yaudahlah gue ikutan tidur.
Siangnya, pada ke tempat afiq. Karena motor cuma satu gue kagak diajak. Hiyaah, percuma dong gue sampe pekalongan kalo cuma ngejagrok di rumah doang. Di rumah gue juga bisa kalo Cuma duduk nonton tivi. Gue kan pengen jalan-jalan juga. Masa gara-gara Cuma pengen ketemu ortunya Afiq trus gue ditinggalin? Rada sebel juga sih saat itu. Udah gitu perginya lama banget. Untung ada kakak iparnya Zidnil yang setia nemenin gue ngobrol kemana-mana. Tapi namanya juga ibu-ibu, pasti kan kudu ngurus anak, gabisa terus-terusan ngurusn gue. Akhirnya sepanjang sisa penantian gue nungguin mereka balik entah dari mana, gue cengo di depan tivi.
Akhirnya mereka pulang, dan yang lebih bikin gue bĂȘte sebete betenya, mereka ke tempat pembuatan batik. Oke, Wow! Gimana pun juga, gue yang pengen banget ke sana, gue udah ngebayangin sejak pertama kali zidnil sms gue, list pertama gue adalah liat cara pembuatan batik. Tapi ini malah ke tempat batik tanpa gue? Jleb! Kalo gitu caranya mending kagak usah ngasih liat gue kalo mereka ke tempat batik kan? Sekalian aja gue kagak tau kan? Sometimes people are better not knowing, dan gue ngerti banget alesannya.
Akhirnya seharian itu gue bete banget, bayangan ngeliat cara pembuatan batik entah kemana, uda males banget ngebayanginnya doang. Trus gue akhirnya diajak ke masjid agung pekalongan
ini jendela apa pintu kulkas???

menara masjid agung pekalongan

no idea deh....

, ke depan museum batik, kenapa ke depan musemu batik? Karena selain museumnya uda tutup,  (agak nyesel juga sih gabisa kesana), di depan ada taman trus ada huruf bertulis BATIK berceceran disana. 




kayak gitu tuh tugunya (bisa disebut tugu gak ya??) semacam di hollywood.. ciaaahh



 terakhir ke pameran buku. Muter-muter nyari buku, tapi yang dicari gaada, akhirnya dapet sebuah buku kocak, lumayan laah... hhhhee
gaya banget mili-milih buku, padahal cuma beli 1 doang

 Mungkin di sini gue bakalan agak alay bin lebay, tapi gue belajar mengiklhaskan sesuatu. Entah ya, dari awal gue emang udah diuji ato entah ini namanya apa, tapi gue selalu dihadapkan pada hal-hal yang diluar keinginan dan kemauan gue. Gue kecewa, gue nggak terima, tapi pada kahirnya, ujung dari apapun adalah mengikhlaskan, bukan? Dan gue belajar banyak tetang itu di sini. Ternyata wisata ke Pekalongan mengajarkan lebih banyak dari yang gue kira.
Hari berikutnya, kita bangun pagi, beli bubur, jalan-jalan, liat sunrise di sawah (ini sih sering gue liat di Salatiga), 
pahlawan bertopeng di kala sunrise
trus seharian kita tidur (ini sih juga kerjaan gue sehari-hari di rumah, ngapain jauh-jauh sampe Pekalongan???). jadi baby sitter juga (coba baby sitter berbayar ya? Pasti gue jadi kaya, kakakaka, alay kumat). Trus siangnya gue nganter Nay ke Batang ke tempat sodaranya dia. Jauhnya minta tolong. Disana jadi baby sitter juga, 


penyiksaan terhadap baby sitter, lapor ke komnas ham baby sitter

ah besok-besok pasang tarif deh. Kayaknya emang udah jiwa gue jadi baby sitter kali ya, kagak di rumah, kagak di Pekalongan, bahkan sampe Batang sekalipun, jagoan banget gue soal ini. *pose cool*
Malemnya kita bakar-bakar, bukan bakar rumahnya Zidnil, ato bakar ponakan-ponakan Zidnil yang super ngegemesin, tapi kita bakar-bakaran ikan. Malem itu malem tahun baru, hiah udah mo ganti tahun aja nih?? Gue beralih profesi jadi tukang kipas, gue merasakan apa yang dirasakan abang-abang tukang sate yang selama ini jadi langganan gue. Panas banget rasanya, asep yang masuk ke mata bikin pedih banget. Tapi seru banget, kipas kipas, panas panas, angin angin.





mok ca....!!!!!!!!!!


Setelah berates-ratus kipasan dan berkepul-kepul asap, akhirnya ca ca caaaaaang, Ikan Bakar ala Chef Popo Quinn siap disantap. Kita makan rame-rame bareng keluarga dan temen-temen Zidnil yang lain. Seru banget, penuh canda tawa, udah kayak piknik keluarga, bedanya kita pikinik di ruang tamu, dan buka di taman. Acara makan malam akhir tahun itu meriah banget pokoknya. Kagak lupa kita foto-foto, seru-seruan, menutup akhir tahun dengan senyuman. Abis itu kita nobar, film yang jadi pilihan adalah Salt, karena emang itu yang diputer di bioskop Trans TV, hiehehe. Tapi akhirnya satu persatu orang-orangnya tumbang, dan tidur.
Gue sempet kebangun pas tengah malem, sempet dengerin kembang api, dan berdoa. Entah kenapa gue merasa berat ninggalin 2012, tahun yang menurut gue tahun penuh perjuangan dalam hidup gue. Tahun yang membentuk gue jadi pribadi yang nggak menentu. Gue belajar banyak di tahun 2012. Gue nggak minta apa-apa di tahun 2013 ini, apapun yang dikasih Tuhan ke gue, gue akan ikhlas menerima, karena apalagi yang gue minta? Gue udah minta semuanya, gue hanya tinggal nunggu kapan Tuhan ngabulin permintaan gue. Gue udah minta terlalu banyak. Hanya satu permintaan gue di tahun 2013 ini. dan itu…………… rahasia.
Paginya gue bangun agak siang, sarapan, trus kita jalan, nyari oleh-oleh, kita ke International Batik Centre. Ya semua orang tau, anak kecil tau, Angry Bird tau, bahkan Patrick pu tau kalo Pekalongan itu surganya batik.
*Nyanyi lagunya Slank*
Kota batik di Pekalongn, bukan Jogja e e bukan Solo
Jelas aja yang paling di cari dan yang paling gampang diliat di sini adalah B to the A to the T to the I to the K, Batik!!!!!!!!!! Dari ujung sampe ujung lagi, tiap jengkal kota pasti ada batiknya, ada toko batik, ada sekolah batik, ada rumah sakit batik, ada pabrik batik, ada bakso batik (yang terakhir gue ngarang aja sih) pokonya hidup bercorak batik kalo di Pekalongan. Jadi ya kita belanja batik.  
at IBC, blanja kagak, foto-foto iya....


numpang foto ya mas, mba... 




Jujur aja gue nggak terlalu suka belanja, gue lebih suka sightseeing sambil taking photographs, menangkap setiap moment menjadi sebuah memory. Karena ingatan manusia berkurang tiap satu detiknya. Halah, kenapa jadi ngelantur gini sih???? Hari itu jadi hari penuh perjuangan, nyari oleh-oleh, hunting mie ayam, muter-muter kota, kehujanan, turun dari motor udah kayak gembel apaan banget pokoknya penampilan gue. Kalo gue mencoba masuk toko nih ya, uda pasti langsung diusir ama mbak-mbak yang jaga toko. Ini pelanggan ama alien?
Tapi akhirnya pejuangan selese, kita pulang, gue udah kayak mpek-mpek basah kuyub, trus packing, karena malemnya kita harus pulang ke Semarang. Setelah berbagai keributan, keribetan, dan kericuhan packing akhirnya it’s time to say goodbye. Setelah berbagai ritual pamitan sama keluar Zidnil, kita meluncur ke stasiun. Ah, udah harus meninggalkan Pekalongan aja nih, masih banyak banget yang pengen gue kunjungi di kota batik itu, gue masih pengen merekam tiap memory yang ada di sana. Thanx buat Zidnil and keluarga, thanx buat semuanya, buat akomodasinya, buat ponakan-ponakan yang super "ngegemesin", thanx for the memory. Gue belum cukup mengenal Pekalongan, mungkin itu tandanya masih ada kesempatan lain buat gue untuk berkunjung lagi ke Pekalongan.  Annyeong Pekalongan..... See You next summer... (biar kalo kesana kagak basah-basahan lagi...) A very nice memory, Pekalongan... 

popo
*make batik*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea