Senin, 08 April 2013

Sebuah Tulisan Memotivasi Diri Sendiri

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 06.27
*cek sound*

Hari ini gue memutuska untuk terus menulis, apapun itu. Gue selalu berharap gue bisa jadi penulis yang hebat, yang bisa bikin buku, bikin novel, bikin LKS, bikin buku cetak buat ana SD, eh yang dua terkahir itu kalo udah kepepet aja deng, hehe. Gue pengen bisa kayak penulis-penulis hebat yang ada di luaran sana (termasuk luang angkasa juga, ya kalo ada penulis dari luar angkasa sih...). Agatha Christie, J.R.L. Tolkien, J.K. Rowling, Sir Arthur Conan Doyle, Roald Dahl, C. S. Lewis, walah masih buanyak lagi penulis-penulis hebat yang bener-bener tulisannya layak buat diapresiasi. Belum lagi yang dari negeri sendiri, salah satung Dee, tulisan dia itu unik banget. 
Nah, gue pengen kayak mereka itu. Tapi selama ini gue cuma ngalamun, ngayal, apa lagi, mimpi, kalo gue pengen jadi penulis, tapi gue sama sekali nggak pernah mau mengawali niat buat nulis. Sebenernya banyak yang udah gue tulis, status, tweet, status, tweet, 15 status perhari, 30 tweet per hari, banyak kan? Lho, itu termasuk menuils lho ya, nulis up date an.. Haha.. 
Ini sebenernya mau unulis apaan sih gue? Jadi bingung sendiri.. 
Gue sebenernya suka nulis, tapi nggak tahu ya yang namanya ide itu suka seenaknya sendiri. Jadi ni ya kalo gue udah duduk manis di depan laptop dengan segala keinginan gue buat nulis, ide tuh nggak pernah mau yang namanya dateng ke otak gue. Numpang lewat aja kagak mau dia. Udah sampe merem melek nyari ide, segala posisi nulis udah gue coba, sampe ketik REG spasi IDE juga udah, tapi tetep aja tuh ide kagak nongol-nongol. Giliran gue lagi ngapain gitu, eh si ide asal nylonong aja gitu masuk ke otak gue. Iya kalo pas gue kebetulan deket sama sepasukan alat tulis menulis, lha kalo gue pas suatu saat deketnya sama sepasukan  mahasiswa mau demo, apa iya gue tiba-tiba nepuk pundak salah satu mahasiswa itu sambil ngomon, "Mas, boleh pinjem bolpen sama kertasnya? Tiba-tiba saya dapet ide buat tulsan saya nih mas," Iya kalo masnya itu kebetulan bawa, lha kalo yang ada masnya tiba-tiba brubah jadi Godzilla trus gue yang di demo gimana? Gue juga kan yang susah. Tapi emang gimana ya rasanya di demo? Itu brati kan kayak kita di labrak sama orang yang nggak setuju sama kita kan? Kenapa jadi mikir itu?? 
Ah, gue emang kebanyakan basa-basi nih, gue tah banget gimana kalo gue udah bertele-tele, kebanyakan selingan, malah jadi nggak fokus. Ini kenapa jadi bahas aib gue? Ah, gue emang comel banget... Sampe mana tadi?? Tuh kaan ilang lagi ide gue buat nulis, salah siapa coba kalo udah gini? Siapa yang mau tanggung jawab kalo gue udah kehilangan ide kayak gini? Nggak ada kan? Emang yang namanya ide itu misteri dunia akhirat segala abad sepanjang tata surya (kayak pernah denger nih..), susah buat diukurnya. Gue kalo udah keabisan ide pasti cuma bisa, close Ms Word, Start, Shut Down.. 3 minggu kemudian baru keinget pas buka Ms Word lagi kalo lagi nulis... Jiah, kalo gini mah kapan tulisan-tulisan gue kelar? Sampe Indonesia bisa masuk World Cup juga kagak pernah selesai tulisan-tulisan gue. Nasib.. Nasib.. Semua ini emang gara-gara si ide itu, udah sering gue di PHP sama dia, tapi nggak tahu kenapa masih aja gue berharap sama dia, cinta gue ke dia emang nggak akan pernah padam.. *jadi Sandy Sandoro*
Tapi.. Kenapa gue jadi nyalahin ide ya? Sebenernya si ide itu nggak salah-salah amat sih, dia kan masih dalam masa pertumbuhan, masih labil, jadi suka galau, suka pergi ddateng nggak jelas, trus semua ini gara-gara apa dong? Kalo gue urut-urut ini, usut punya usut, semua ini emang berawal dari diri gue sendiri.. Gue aja kaget kok bisa semua ini berasal dari diri gue sendiri, kenapa? Kenapa? Kenapa gue yang disalahin? Apa salah gue? Apa? Gue kan masih SMP... Apa yang bisa dilakuin anak SMP kayak gue? Gue nggak bisa apa-apa, gue nggak berdaya.... (Ini menjadi bukti kalo gue kebanyakan nonton sinetron yang banyak adegan penganiayaannya, biasanya sinetronnya diawali dengan seorang anak yang dipungut, 78 episode kemudian dia menerima warisan dari ayah angkatnya yang disertai teriakan dari ibu angkat yang nggak terima.. Hiks.. Tragis...) Itulah kenapa gue ngak pernah bisa kreatif, nontonnya sinetron bawang bombay mulu sih... 
Tuh kan, ngarang lagi.. Sampe mana coba tadi gue nulisnya... inget-inget dulu ya...
2 jam kemudian... 
Bentar belum inget...
8 jam kemudian...
Masih belum inget...
3 hari kemudian...
Belum juga inget..
Lempar bakiak!!!
Oke gue inget (nulis dengan muka ada bekas bakiak), jadi ini bukan karena ide, ini karena gue, gue yang memulai semua ini, gue,... Sekali lagi, GUE! Gue nggak pernah mau memotivasi diri gue buat nulis, gue nggak pernah meluruska niat (karena emang belum ada yang nyediain jasa rebonding niat) jadi ya gini ini, niat gue masih curly dan sedikit bergelombang. Di jaman sekarang ini mau nulis itu jadi hal yang gampang banget. Komputer, laptop, netbook, semua serba canggih. Mau nulis di mana aja, share ke mana aja, semua udah tinggal klik klik dan beres. Nggak kayak dulu yang musti capeknya berkali-kali, capek beli bolpen, beli kertas, masih capek nulis berlembar-lembar, belum kalo salah mesti ngulang. Lha sekaranng kurang apa coba? Nulis tinggal negtik, share tinggal cari web yang pas, gampil gampil gampil gampil!! Tapi gue, sampe sekarang masih belum bisa menghasilkan apa-apa. Tulisan (yang masih belum kelar) gue masih tersimpan (kurang) rapi di folder-folder yang ada di netbook gue yang setia, belum kepikiran mau dibawa kemana.. 
Jadi mulai sekarang gue berusaha untuk bisa menjadikan diri gue alat tulis yang bisa menghasilkan tulisan-tulisan, walalu mungkin kurang berkualitas, tapi seenggak-enggaknya bermakna buat diri gue sendiri (dan semoga juga buat orang lain..). Gue akan terus menulis, apapun itu, bahkan menulis resep pun mungkin kelak akan gue lakuin, karena gue suka, gue suka nulis, dan gue suka itu. Mungkin nggak ada orang yang mau baca tulisan gue, terbukti dari banyak tulisan gue yang gue share, cuma satu dua yang baca, itupun dengan ancaman dan paksaan, tapi nggak papa, gue akan menjadi pembaca setia tulisan gue, dan semoga akan ada pengikut-pengikutnya keak entah brapa ribu tahu cahaya lagi... 
Gue akan terus menulis.. Terutama menulis pengeluaran gue per bulan, dan juga menuliskan mimpi-mimpi gue di tembok kamar gue, biar kalo gue bangun, gue nggak bakalan lupa apa impian gue, dan mungkin aja gue bakalan bisa mewujudkan semua impian gue itu.. 
Cukup sekian dan terima kasih, sampai jumpa di tulisan berikutnya.. *gaya ala MC tahun 90an*


0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea