Rabu, 19 November 2014

Balada Seliter BBM

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 17.45


Jadi begini, kemaren itu gue sempet dirempongkan sama yang namanya sopir pada mogok jalan. Bus, angkot, kopaja semuanya nggak ada yang beroperasi. Padahal, gue yang seorang busholic bin angkotholic merangkap kopajaholic nggak bisa hidup tanpa mereka semua. Gimana bisa gue mencapai tempat yang gue tuju tanpa mereka semua?
Hidup ini nggak adil!! (mendadak drama queen). 

Jadi pagi hari kemaren pas gue mau berangkat sekolah, tetangga sebelah gue juga mau berangkat kerja. Dia behenti di depan rumah gue dan nawarin gue tebengan. Sebenernya gue nggak enak sih tapi dia maksa banget pengen ngeboncengin gue, ini adalah impian terbesar dia selama dia hidup, jadi dia terus maksa gue buat nebeng dia. Dipaksa begitu kan gue jadi nggak enak sendiri, takutnya kalo gue nolak ntar dia kecewa trus dia sedih nggak jadi kerja balik ke rumah trus nangis bombay sambil narik-narik gorden kan repot. Jadi gue iyain aja deh daripada ntar berujung panjang. Jadilah gue berangkat sekolah bareng sama tetangga gue itu. Bikin orang seneng itu dapat pahala. 

(kalo bisa sih bagian atas tadi nggak usah dibaca daripada mules, saran aja sih)

Kata dia hari ini semua kendaraan umum nggak ada yang jalan. Pada demo mogok. Yaellaaah, repot amat sih bapak-bapak sopir ini, mending juga kan demo masak pak, dapet ilmu masak, bisa icip-icip gratis, pulang-pulang sapa tahu dapet panci kan bisa buat hadiah ultah anniversary buat sang istri. Oke, gue udah mulai comel. Dan bener aja, jalanan sepi dari kendaraan umum dan para busholic lainnya pun terdampar di pinggir-pinggir jalan yang penuh debu dan angin berhembus panas. (padahal mah kemaren dinginnya udah kayak di kutub) – biar mendramatisasi begitu kalo pake jalanan berdebu – ya pokoknya gitu deh. 

Lebih parahnya pas gue pulang, gue harus pergi ke beberapa tempat dulu dan lo semua bisa bayangkan gimana nasib gue nggak ada kendaraan umum. Gue harus berjalan puluhan kilometer di jalan berdebu, melawati hutan sawah dan laut. Dibawah terik matahari yang membakar tiap lapisan kulit manusia yang berjalan di bawah pancaran sinarnya. Deru angin yang panas menerbangkan setiap serpihan-serpihan emas.. Hah?? Bentar kok jasi emas??? Ini jadi apaan? Ah, gue emang nggak bakat nulis-nulis pake bahasa yang puitis dan berat, badan gue kan kecil, nggak kuatlah kalo sama yang berat-berat. Ini tadi gue mau ngomong apa sih tadi? Jadi lupa kan.. Pokoknya pada intinya pas pulang sekolah gue harus kerempongan nyari tukang ojek. Dan seharian kemarenpun gue alih gelar menjadi ojekholic. 

Usut punya usut... (jadi sebenernya si usut ini punya usut gitu? Trus sebenernya usut ini apa? Dan siapa si usut yang punya usut itu? Entahlah... beberapa hal emang nggak perlu diketahui... ) Semua ini tuh efek dari BBM yang naik. Naiknya nggak tanggung-tanggung 2.000 rupi’ing! Jadi seliternya sekarang 8.500 rupi’ing yang sebelumnya cuman 6.500 rupi’ing. Waaaahhhh.... sebagai (bukan) pengguna motor gue sih nggak protes, tapi sebagai bagian dari sebuah komunitas transportasi umumholic, gue nangis darah. Udah pasti tarif bus umum juga bakalan ikut naik. Pasti naiknya 2.000!!! Ini gimana nasib gue?? Apa yang harus gue perbuat?? Gue nggak sanggup lagi!! Gue... Gue... Gue... 

*bersimpuh di atas sajadah*

*air mata dan ingus udah membanjiri wajah gue*

Tunggu.. 

Ini kenapa gue jadi masuk sinetron Hidayah gini sih? Wah salah lokasi syuting nih. Harusnya kan gue syutingnya di tempat orang-orang demo, yaudah pindah lokasi dulu, maap ya pak sutradara....

*naik awan kinton* 

Oke, sekarang gue udah siap take di lokasi syuting yang yang isinya orang-orang demo karena BBM naik. Tapi kok ini kostumnya sangar-sangar gini sih?? Padahal ini gue pake seragam merah putih, berarti salah lagi? Jadi gue ini harus dimana sih? Apa gue sebenernya harus ikut upacara? Ato gimana sih? Manager mana manager... 

Akhirnya gue berteduh sejenak di tenda artis dan memikirkan semua ini, kenapa gue ikutan demo-demoan gini sih? Kan rempong, udah panas, bising, bikin macet, bau keringet, nggak dapet doorprize lagi, kan nggak seru. Coba kalo demo itu dapet doorprize tiket nonton konser K-Pop gratis, pasti gue dibarisan paling depan dalam hal ikutan demo. Sayang, nggak dapet sih, yaudah gue nggak pernah mau ikutan demo. 

Eh, tapi ini kan cuman syuting ya? Tapi tetep aja yang namanya demo itu nggak elit banget, apalagi gue yang nggak ngerti apa-apa begini, gue mah taunya kalo Choi Siwon itu ganteng (walopun dia agak alay sih, yang penting ganteng). Kalo gue sih nggak tahu apa-apa mending diem aja, berdoa buat yang terbaik (gue abis kena siraman nih. Jadi bijak begini.  Siraman rohani? Bukan, siraman air hujan.) Mending sih demo masak, kan lebih nampol, apalagi kalo chefnya ganteng macem Pak Bondan (eh dia chef bukan sih?).  Jadi akhirnya gue putuskan buat mengakhiri kontrak sinetron demo-demo ini, gue mah cinta damai. BBM mau naik juga kalo itu udah jalan yang terbaik buat seluruh rakyat Indonesia, mungkin itu yang terbaik. Berdoa ajalah dengan kenaikan BBM ini bisa memperbaiki kondisi rakyat Indonesia. Yah, walopun gue nggak ngerti gimana sebenernya yang pasti, tapi cuman satu yang pasti, BBM pasti naik. 

Lagian kenapa pada nggak terima sih kalo BBM naik? BBM naik itu maksudnya BBM nya pindah naik ke atap pom bensin itu kan??? Iya kan? Gue bener kan? Gue nggak salah kan?? Brati selang yang buat ngisi itu tinggal dipanjangin aja kan? Gitu kan???

*mendadak gue di gampar rame-rame sama tetangga satu komplek*

*akhirnya gue nulis dengan muka bonyok dan mata yang biru-biru*

Salah gue apa kalian gampar gue??? Kenapa?? Hidup ini nggak adil!!

Maafkan gue pemirsa, kalo selama talkshow ini gue jadi kebanyakan drama. Gue korban sinetron-sinetron galau itu. Mungkin aja antena tivi gue massih mengarah ke rumah mantan. Jadi pengaruh buat acara tivi gue. 

*mendadak galau maksimal*

Apapun itu, yang penting hari ini kendaraan umum favorit gue udah kembali beroperasi. Para sopir bus angkot dan kopaja itu pasti resah memikirkan gue yang susah kemana-mana kalo nggak ada mereka. Terima kasih pak... 

Dan doa gue yang terakhir, semoga gaji gue juga naik, 2.000 rupi’ing. Amiiin... 

Popo

Anggota Kopajaholic


0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea