Jumat, 29 Agustus 2014

Kisah Selusin Murid Ajaib

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 06.12


Ini adalah tahun kedua gue berprofesi sebagai seorang guru SD. Dan tahun ini kayaknya bakalan jadi tahun yang lebih mengerikan dibandingkan tahun kemaren. Murid gue semuanya aneh-aneh. Dulu aneh, sekarang lebih aneh-aneh lagi. Emang sih murid gue cuman 28, tapi semuanya itu anak kecil dan kita semua umat manusia di dunia ini tahu kalo anak kecil itu ajaibnya udah kayak mantra nenek sihir. 

Anak jaman sekarang udah heboh, lebay, superaktif, nggak bisa diem, ceriwis, beda pokoknya ama anak jaman dulu. Dulu gue pas jaman masih SD adalah anak yang lugu dan polos yang kalo dibilang “jangan niup rautan ntar tumpul” tanpa bertanya akan menurut dan selama sisa hidup gue, gue nggak akan niup rautan. Walaupun gue sampe saat ini nggak ngerti kenapa rautan ditiup bisa jadi tumpul. Tapi anak jaman sekarang beda, dibilang begitu pasti seribu pertanyaan “kenapa” dilontarkan dan bukannya nurut malah ngebuktiin yang gue bilang itu bener apa nggak. Dulu mana berani gue natap mata guru-guru gue, lhah sekarang, masa pipi gue dicubit-cubit sama murid gue?? Ini efek apa? Global warming? Ato efek reaktor nuklir? Ato efek gue nggak dinikahin sama Siwon??? Ini masih jadi misteri pemirsa... 

*mendadak gue jadi presenter silet*

Dan gue, gue ulangi lagi, GUE, kudu ngurus semua anak-anak maha ajaib itu selama kurang lebih empat jam sehari tujuh hari seminggu. Oke fix, gue bakalan segera mengalami penuaan dini, soon as I enter this semester!

Ini adalah minggu ke sekian gue di tahun ajaran yang baru. Dan gue udah mengalami hal-hal yang nggak gue inginkan. Ini serius, murid-murid gue ini hebohnya udah ngalahin fans K-Pop yang dapet tiket konser gratis. Baru baris di depan kelas aja udah ribet ngurus ini itu, gue sampe heran, mereka ini jangan-jangan adalah ibu-ibu arisan yang tertukar. Jiwa mereka tertukar. Jadi walaupun wujud mereka adalah anak kecil, tapi rempongnya udah kayak emak-emak. Seriusan, ada aja yang diributin pas baris, yang bilang lupa bawa iket pingganglah, yang bilang uang sakunya ketinggalanlah, ada yang bilang sepatunya belum keringlah, yang paling ektem bahkan ada yang bilang kalo dia lupa nonton Mahabarata! Apahhh??? Ini apa maksudnya??? Kenapa Mahabarata dibawa-bawa? 

Arrrggghhhh!!!!

*pingsan*

Pas udah masuk kelas, mereka jadi lebih heboh lagi. Belum lagi mereka duduk, mereka udah bertebaran kemana-mana. Ada yang ribet cerita soal apa yang dia lakuin kemaren sore, ada yang berebutan ngerautin pensil, ada yang kayang di udara, ada yang naek sepeda roda satu, ada yang lompat ngelewatin lingkaran api, ini kelas apa tenda sirkus sih sebenernya??? Oke, gue mulai lebay, tapi ya begitulah suasana kelas gue kalo pagi hari. Maka gue harus ngeluarin suara gue yang super duper merdu ini biar mereka semua bisa diem. Kalo boleh ni ya, gue sebenernya pengen bawa megaphone ke dalam kelas biar semua murid gue itu bisa dengar semua gue. Tapi sebelum gue diamuk massa, gue urungkan niat gue buat bawa megaphone ke kelas. Daripada ntar gue dikira mahasiswa yang mau ngedemo harga parfum yang kian melambung mending cari amannya aja. Nggak papalah suara gue yang merdu ini berakhir jadi serak-serak basah, malah bagus, siapa tahu gue bisa jadi penyanyi dengan suara gue yang begini, soalnya suara asli gue ini saking merdunya, gue sendiri aja bisa pingsan terbuai oleh suara gue sendiri.

*mulai ngelantur*

Penderitaan gue nggak berakhir sampe disini, belum kalo mereka gue suruh menyalin tulisan di papan tulis ato kalo gue suruh ngerjain soal. Bukan langsung ambil buku sama pensil buat nulis, ini malah ada yang jalan-jalan, tiduran, minum, ini mereka pikir lagi liburan ato gimana sih? Dan gue harus mendatangi mereka satu persatu, mengamankan mereka dari tindakan-tindakan yang lebih ekstrem lagi semisal ngepel, ngelap jendela, bersihin teras, ini kenapa jadi jiwa pembatus gini sih?

Dan ngembaliin mereka ke tempat mereka berasal (baca: bangku mereka masing-masing, red.) itu bukan perkara gampang. Yang sebelah sini duduk, yang sebelah sana malah lari-larian, giliran nenangin yang sebelah sana, yang sebelah sini tiba-tiba udah nyampe ternit. Ini mereka titisan apa sih sebenernya??

*setengah jam kemudian*

Barulah mereka tenang dengan pensil ditangan mereka.

*lima menit kemudian*

Gue melihat pasar tiban di kelas gue....

“Kirim aku ke Hawai, Tuhaaann!!!!”

Dan semakin siang mereka semakin aneh. Pernah suatu hari tiba-tiba mereka semua menjadi pemain Ipin dan Upin. Mereka rame-rame nyanyi lagu soal serigala, dan mereka hapal semua lirik dan gayanya. Maka ekspresi gue --> -_______-

 Ada anak yang kalo ngomong ke gue pake gayanya si Mei Mei.

Ada anak yang kalo ngomong ke gue pake gaya Arjuna.

Ada anak yang kalo ngomong ke gue pake gaya Si Mail Bin Mail.

Ada anak yang kalo ngomong ke gue pake gaya bebas. Mungkin dia bercita-cita jadi perenang.

Ini kenapa sih? Aneh banget.

Dan satu yang pasti mereka adalah korban televisi.

Mereka nonton Mahabarata.

Mereka nonton Mahadewa, Jodha Akbar, dan Shiwa.

Gue nggak ngerti judul-judul film itu, gue cuman mengutip dari apa yag mereka bilang ke gue.

Dan satu yang bikin gue shock berat adalah, ketika gue nyuruh mereka bercerita tentang kegiatan yang mereka lakukan sepulang sekolah. Ada seorang anak bercerita kalo pulang sekolah dia tidur, maen, mandi sore, ngaji, makan malam, nonton tivi, dan dia bilang gini, “Bu, aku nggak bisa tidur kalo belum nonton GGS,”

Jedeeerrrr!!! Bumi gonjang ganjing langit kelap kelip raksasa melintas.

Dan gue nggak bisa bilang apa-apa lagi. Ini udah parah banget.

*Kirim aku ke Mars, Tuhan!!!”

Tapi ada kalanya mereka jadi murid-murid selayaknya murid yang normal. Mereka nurut semua yang gue bilang, ngerjain soal tanpa banyak nanya, dan ajaibnya hampir sebagian dari mereka selalu dapet nilai bagus dan sesuai dengan harapan gue. Kenapa bisa begini? Mereka inget semua materi yang gue kasih, tulisan mereka bagus-bagus, baca udah lancar jaya di udara. Kalo udah gini gue jadi lupa segala keanehan yang mereka buat. Kenapa mereka nggak kayak gini aja terus sih? Hidup gue pasti bakalan lebih indah, dunia damai, aman sentosa sejahtera lahir dan batin, dunia akhirat.

Mereka sering bilang ke gue, “aku sayang banget sama Bu Guru, sini duduk deket aku,” ato “Bu Guru, nanti mainan sama aku lagi ya,” ato “Bu Guru, aku kalo udah gede pengen jadi Bu Guru kayak Bu Guru,” dan yang ngomong gitu adalah murid gue yang cowok. Nggg... Okay... mungkin dia ... yah, gitu deh. Kalo udah begitu hati gue langsung luluh, gue nggak bisa marah sama mereka. Ngeliat mereka senyum dan ketawa, gue pun cuman bisa senyum bahagia. Seaneh apapun mereka, mereka adalah kekuatan gue di sekolah. Mungkin akan ada lebih banyak keanehan yang bakal mereka lakuin, tapi bukankah anak kecil memang ajaib, dan mereka menciptakan keajaiban dengan cara mereka sendiri.

*elap ingus*

Dan gue, harus bertahan satu tahun kedepan menghadapi anak-anak yang jiwanya tertukar sama ibu-ibu arisan ini dengan penuh kesabaran. Dan kalo suatu hari gue nggak kuat, kalian tahu siapa yang harus bertanggung jawab.

Oke , see you on the next tulisan.

Gue boleh nonton Mahadewa? Serius gue nggak ngerti kalo mereka uda cerita soal Mahadewa.

Remote mana remote...

Popo, guru aneh vs murid (yang lebih) aneh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea