Rabu, 29 Juni 2011

Berawal Dari Kamar Mandi

Diposting oleh Popo... The Kite Runner di 22.18
yyyeee.... hari ini gue lama di kamar mandi... setengah jam lebih, hampir satu jam malah.... hehehee... maklum lah, gue jarang berlama-lama di kamar mandi kalo emang nggak ada kepentingan yang mendesak.... (lha kepentingan apa di kamar mandi selaen mandi, nyuci, BAB, dan hal-hal yang berhubungan dengan air)... kenapa berlama-lama di kamar mandi menjadi sesuatu yang sedikit menghebohka buat gue? karena gue nggak suka aer.. kenapa? gue juga nggak tau, perasaan jadi nggak enak kalo deket-deket aer. tapi bukan berarti gue phobia aer ya... nggak segitunya juga kaleee.... gue masih tetep mandi (kadang-kadang), masi tetep minum aer (bukan getah karet), masi tetep butuh aer (walo kadang gue lebih butuh duit). gue juga masih sering ke pantai, walo kalo udah di pantai auraku melemah (halah....), masih sering maen di water park... ya kan seru maen ....
semua orang kan tau, aer itu kebutuhan yang paling mendesak buat kita orang-orang bumi. mandi pake aer, makan-minum pake aer, masak pake aer, bangun rumah pake aer, semuanya pake aer, apa sih yang nggak pake aer? kecuali ngirim sms ama facebookan? (yaiyalah, ngirim sms di aer, hapenya mlempem kalee). bumi pun, 75% nya aer, keren nggak tuh si aer ini. laut, danau, sungai, sumur, rawa, kali, mata, semuanya menamoung aer. hebat banget ya si aer ini, menguasai hampir dari tiga perempat bumi ini dan menguasai hampir 80% kebutuhan manusia. kenapa begitu?

liat deh, ... Daerah perkotaan, Dinamika kawasan perkotaan yang tak pernah sepi dari gerusan kaum kapitalis dengan bendera industrinya, ditengarai telah membuat krisis air bersih makin parah. Cerobong asap pabrik yang tak henti-hentinya menggelontorkan polusi dan limbah pabrik yang terus-menerus meluapkan endapan beracun ke kawasan permukiman, membuat air bersih di kota makin menjadi barang langka. Air sungai telah berubah seperti oli bekas yang mengalir tersendat-sendat. Secara sosial, laju perkembangan industri yang tidak berwawasan lingkungan telah menimbulkan dampak yang amat mencemaskan bagi penduduk sekitar.

Jika situasi seperti itu terus berlangsung, kekhawatiran dan ancaman tentang munculnya fenomena generasi yang hilang benar-benar akan terjadi. Krisis air agaknya telah menjadi ancaman global, khususnya di negara-negara berkembang. Di Afrika, misalnya, sebagaimana diberitakan di www.charitywater.org konon kaum perempuan harus berjalan lebih dari 40 miliar jam setiap tahun sambil menenteng bejana seberat 18 kg untuk memburu air guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Hampir 1 miliar orang tidak memiliki akses terhadap air bersih sehingga rentan terhadap penyakit, bahkan kematian. Setiap minggu, hampir 38.000 anak Balita meninggal karena mengonsumsi air minum yang tidak aman dan kondisi hidup yang tidak higienis.

Yang lebih mencemaskan, berdasarkan laporan PBB, konon kelangkaan air akan menjadi salah satu penyebab utama konflik di Afrika. Oleh karena itu, untukmengatasi krisis air sekaligus mencegah terjadinya konflik sosial, pada bulan Juli yang lalu PBB menyatakan bahwa akses terhadap air bersih dan sanitasi merupakan hak asasi setiap manusia di muka bumi. (sssstttt.... yang ini mengutip dikit2 omongan orang, hehehehehe, biar agak valid...)

lah, .. kok nyeremin ya??? wah, gimana lok beneran kita kehabisan aer bersih di bumi ini??? lhah, gimana nasibnya gue?? yang jarang mandi, makn nggak pernah mandi nih... huah, masa gue harus beneran minum getah karet??? huuummmm... yaudah jaga yuk aer di bumi ini.. ya walopun gue agak takut ama aer, tapi ya kewjiba gue juga kan jaga aer di bumi ini? lo juga, kita juga, mereka juga.... itu emang udah jadi tugas kita... jaga aer yuk???

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popo.. The Kite Runner Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea